Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Tanya Jawab Solusi Permasalahan pada Pendaftaran CPNS 2014 secara Online

Artikel terkait : Tanya Jawab Solusi Permasalahan pada Pendaftaran CPNS 2014 secara Online

Masalah Pendaftaran CPNS 2014
Pendaftaran CPNS 2014 secara online menimbulkan beberapa masalah terutama dari segi teknis. Hal ini, wajar, karena merupakan hal baru dan tidak semua calon pelamar terjangkau koneksi internet.
Permasalahan diantaranya salah input data, belum dapat email konfirmasi dan sebagainya.
Dibawah ini saya tulis tanya jawab seputar permasalah pada tahap pendaftaran CPNS 2014.
A. Formasi
1.  Mengapa formasi pada beberapa instansi baik pusat maupun daerah belum dapat diklik/dilihat pada portal panselnas?
-      Formasi belum dapat diklik/dilihat karena masih dalam proses validasi dan verifikasi dari tim panselnas sehingga belum dapat dipublikasikan. Jika proses validasi dan verifikasi telah selesai, formasi akan langsung diinput ke dalam sistem dan pelamar dapat langsung melihatnya.
2. Apakah ada formasi untuk SMA atau SMK?
-  Formasi untuk SMA atau SMK memang tersedia namun hanya instansi tertentu saja, silahkan menggunakan mode “cari” yang terdapat dalam halaman Formasi CPNS 2014.
3. Apakah yang dimaksud dengan ‘kualifikasi pendidikan S.1 semua jurusan’?
-      Jabatan dengan kualifikasi pendidikan S1 semua jurusan berarti untuk jabatan tersebut dapat dilamar oleh  semua jurusan dari jenjang pendidikan S1.
B. Pendaftaran
1.  Bagaimana cara melakukan pendaftaran CPNS online?
-      Silahkan masuk ke panselnas.menpan.go.id        Formasi CPNS 2014        pilih instansi yang dituju     isi Formulir Registrasi/ www.regpanselnas.menpan.go.id (ada di paling bawah dari halaman instansi)          klik submit. Setelah itu, pelamar akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi username dan password yang bisa digunakan untuk registrasi ke instansi yang dituju.
-      Pengisian username dan password pada instansi yang dituju dapat dilakukan minimal 1x24 jam  setelah pengisian formulir registrasi.
2. Bagaimana jika pelamar tidak menerima email konfirmasi setelah melakukan pengisian formulir registrasi?
-      Pelamar yang belum menerima email konfirmasi dapat langsung login ke instansi yang dituju minimal 1X24 jam setelah pengisian formulir registrasi.
-      Login ke instansi yang dituju menggunakan username yakni “NIK” dan password yang sama seperti saat pelamar melakukan input saat pengisian formulir registrasi. (2)*
-      Email akan tetap dikirimkan, pelamar dimohon untuk bersabar. Jika email notifikasi dari Panselnas tidak terkirim pelamar dapat menggunakan cara seperti pada langkah poin kedua di atas.*
3. Apakah pendaftaran harus menggunakan e-KTP?
-   Pelamar dapat menggunakan KTP atau e-KTP yang berlaku, yang terpenting mereka memiliki NIK.
4. Bagaimana jika saat pelamar mengisi data diri di registrasi panselnas tertulis NIK telah terpakai?
-      Pelamar dapat mengirimkan email kepada tim panselnas dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK. Di dalam email tersebut mohon dicantumkan identitas pelamar yang terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP dan scan ijazah/akta kelahiran. Tim panselnas akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut.
5. Bagaimana jika saat pelamar melakukan registrasi di portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi tertulis username tidak ditemukan?
-      Untuk dapat login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi, pelamar harus menunggu setidaknya 1x24 jam setelah registrasi di portal panselnas. Jika setelah 1x24 jam masih tidak dapat login, maka silahkan mengirimkan email dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK, serta mengisikan kembali data sesuai dengan arahan pada running text portal Panselnas.
6. Mengapa saat melakukan registrasi di portal pansenas tidak ada pilihan instansi yang dituju dalam daftar?
-      Jika saat pengisian formulir registrasi, pelamar tidak menemukan instansi yang dituju berarti instansi tersebut belum membuka pendaftaran (masih dalam proses). Silahkan selalu melakukan pengecekan pada status dan jadwal di portal panselnas.
7. Kapan dan berapa lama instansi membuka pendaftaran?
-      Untuk mengetahui jadwal pendaftaran, pelamar dapat melihat menu status dan jadwal. Pendaftaran pada sebuah instansi akan dibuka selama 14 hari terhitung mulai tanggal dibuka di portal panselnas.
8. Bagaimana jika pelamar salah melakukan input data saat melakukan registrasi di portal panselnas?
-      Data yang telah diinput tidak dapat diubah kembali, untuk itu peserta harus super hati-hati dalam pengisian data.
9. Apakah pelamar dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas?
-      Pelamar tidak dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas.
C. Pelaksanaan
1. Jika lokasi pelamar berada di daerah, apakah tes harus dilakukan di Jakarta?
-      Untuk pelamar dari daerah yang ingin mendaftar di instansi pusat yang tidak memiki kantor wilayah, tes tidak harus dilakukan di Jakarta. Pelamar dapat melakukan tes di Provinsi di bawah koordinasi Regional BKD.
2. Apakah dapat menggunakan SKL jika pelamar belum memiliki ijazah?
-      Pelamar tidak diperkenankan menggunakan SKL ketika melakukan pendaftaran.
3. Berapa skor TOEFL yang disyaratkan untuk melakukan pendaftaran?
-      Standar skor TOEFL ditetapkan oleh masing-masing instansi.
4. Apa saja materi yang diteskan dalam tes TKD menggunakan CAT?
-  Materi dalam CAT terbagi menjadi tiga yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Soal dalam tes CAT sebanyak 100 soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit. Hasil dari tes CAT dapat langsung diketahui peserta setelah tes selesai.
-  Disamping tes TKD, instansi dapat melaksanakan tes TKB berdasarkan kebutuhan jabatan dan organisasi.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz