Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Cara Instal dan Sinkron Raport Kurikulum 2013?

Artikel terkait : Cara Instal dan Sinkron Raport Kurikulum 2013?

Aplikasi  Rapor  dapat  dipergunakan  untuk  menampung  kompetensi  dasar  dan indikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas. Sebagai  data  awal,  aplikasi  ini  sudah  dilengkapi  dengan  kompentensi  dasar  dan  indikator sebagaimana tercantum pada buku guru. Apabila  diperlukan,  guru  dapat  menambahkan  kompentensi  dasar  dan  atau
indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensi  dasar  atau  indikator  yang  ditambahkan  tersebut  tidak  diperlukan  lagi,  dapat  dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar  yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini. 
Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap  kompetensi dasar. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar. Aplikasi  Rapor  akan  menyeleksi  kompetensi  dasar  yang  menonjol  positif  dan  negatif untuk tiap siswa. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4. Sebelum  dijalankan,  aplikasi  ini  harus  disinkronkan  terlebih  dahulu  dengan  dapodik  untuk  pengisian  data  sekolah,  pendidik  dan  tenaga  kependidikan  (ptk),  rombel dan siswa. 
Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id
Pengguna dari Aplikasi ini adalah Guru Wali Kelas yang telah memiliki NUPTK. Pada saat aplikasi  diinstal,  maka  sistem  secara  otomatis  membaca  database  dapodik  dan  memasukan  NUPTK  yang  ada  pada  daftar  PTK  di  sekolah  sebagai  nama  pengguna  nya.
Password  untuk  pertama  kali  diset  sama  dengan  NUPTK.  Sehingga  guru -guru  sebagai
Pengguna  Aplikasi  ini  Diwajibkan  untuk  mengubah  Password  masing-masing  melalui  fasilitas yang disediakan. Untuk  memulai  menggunakan  Aplikasi  langkah-langkah  yang  dilakukan  adalah  sebagai  berikut:
  1. Klik 2 kali pada icon Aplikasi Rapor SD.
  2. Selanjutnya pada layar akan muncul halaman login dari aplikasi sebagai berikut :
    Bagaimana Cara Instal dan Sinkron Raport Kurikulum 2013?
  3. Isi Nama  Pengguna dengan NUPTK
  4. Isi  Password  pengguna.  Password  pengguna  diset  secara  otomatis  sama  dengan
    Nama  Pengguna  (NUPTK).  Sehingga  pengguna  diwajibkan  untuk  mengganti password setelah login berhasil.
  5. Pilih Tahun Ajaran dan Semester dimana nilai akan diisi. 
  6. Jika  Pengguna  berhasil  login,  maka  akan  ditampilkan  halaman  Selamat  Datang
    seperti berikut:
    Bagaimana Cara Instal dan Sinkron Raport Kurikulum 2013?
  7. Pada  halaman  tersebut,  Pengguna  dapat  mengakses  Manuan/Petunjuk  Penggunaan Aplikasi, caranya klik tombol Manual Penggunaan Aplikasi.
  8. Pada  halaman  tersebut  juga  disampaikan  Call  Center  Subdit  Pembelajaran  Direktorat  Pembinaan  SD  yang  diperuntukkan  bagi  saran  komunikasi  antara
    Pengguna  (Sekolah)  dengan Pihak  Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD sebagai pengelola aplikasi ini.

Semoga artikel tentang Cara Menggunakan Raport SD Kurikulum 2013 bermanfaat untuk semua guru. Salam satu data

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz