Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

UPDATING DATA CITRA SEKOLAH DENGAN GPS INCLUDED

Artikel terkait : UPDATING DATA CITRA SEKOLAH DENGAN GPS INCLUDED

Updating data citra  sekolah adalah proses update keadaan sekolah melalui bantuan titik koordinat. Untuk melakukan updating ini diperlukan beberapa teknologi yang sedang populer saat ini.
Step-step yang harus dilakukan :
1.   Persiapkan Bahan
Bahan  disini  adalah  sebuah  atau  banyak  foto  yang  diambil  dari  berbagai  area lingkungan atau benda milik sekolah yang sesuai dengan kategori yang ada. Kategori foto yang dimaksud yaitu profil,  sarana, prasarana, aktifitas peserta didik, aktifitas PTK, prestasi sekolah, lomba  sekolah, plang  sekolah,  program pembangunan, SK Operasional, kerusakan sekolah. Masing-masing kategori bisa beberapa foto.
Foto-foto yang dimaksud harus tersimpan angka koordinat atau data spasial tempat pengambilan foto.

2.   Upload Data
Data berupa foto yang telah diambil kemudian dupload dalam master referensi milik PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan). Persyaratan dari foto ini yaitu foto harus terinclude data spasial (titik koordinat) dari lokasi pengambilan foto dan ukuran foto harus dibawah 1Mb.


Tool yang perlu disiapkan :
  1. Kamera  pocket  yang  sudah  ada  fasilitas  GPS  (Global  Positioning  System)  atau smartphone yang terdapat fasilitas GPSnya.
  2. Compressing  tools.  Sebuah  tool/program  untuk  mengkompres  atau  mereduce ukuran foto. Tool ini bisa macam-macam, namun dalam tutorial ini saya gunakan IrfanView.
  3. GeoSetter.  Yaitu  sebuah  aplikasi  untuk  melihat  koordinat  yang  sudah  tersimpan dalam sebuah foto.
  4. Sebuah laptop.
  5. Koneksi internet.
Untuk langkah langkahnya, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.
Alat   yang   digunakan   untuk   memfoto   disini   saya   menggunakan  sebuah   handphone smartphone   yang   sudah   ada   fasilitas   GPSnya.   Berikut   adalah   cara   setting   GPS   di SmartPhone.
  1. Masuk kedalam menu setting/pengaturan pada SmartPhone anda. Tampilanya akan seperti ini.  Tampilan ini tidak sama pada semua HP SmartPhone namun menunya hamper sama.  Tap  pada  menu Location access (beberapa HP  SmartPhone nama menunya GPS atau location).
  2. Aktifkan set pengaturan sesuai gambar. Mungkin akan berbeda nama menu untuk HP SmartPhone lain namun akan tetap hampir sama. Jika sudah selesai maka beralih pengaturan camera SmartPhone.
  3. Aktifkan  applikasi  camera  bawaan  SmartPhone  anda.  Kemudian  masuk  kedalam pengaturan/setting camera. Dan aktifkan fasilitas GPS di camera atau di SmartPhone lain nama menunya Location.

UPDATING DATA CITRA SEKOLAH DENGAN GPS INCLUDED

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz