Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas 3.02

Artikel terkait : Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas 3.02

Cara instal ulang aplikasi Dapodikdas 3.02 sangatlah mudah. Proses instalasi ulang aplikasi Dapodikdas ini biasanya terjadi karena komputer/laptop terkena virus dan harus di instal ulang sistem Windowsnya, atau ganti komputer/laptop satu ke laptop lain yang speknya lebih tinggi. 
Dan satu hal yang menjadi alasan kuat mengapa aplikasi Dapodikdas terasa sangat penting keberadaanya adalah dari hasil sinkronisasi data ini, akan menjadi dasar Kemdikbud dalam penyaluran berbagai program yang telah berjalan, misalnya Bantuan Siswa Miskin/ BSM, Bantuan Kualifikasi Pendidikan, Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Sertifikasi/.
Langsung saja kita mulai cara instal ulang aplikasi dapodikdas 3.02
  1. Langkah pertama, anda harus memiliki back up database aplikasi dapodikdas. Untuk database dalam bentuk prefill, silahkan unduh disini. Lalu, selain itu, biasakan memback up data secara offline. Caranya adalah silahkan dicopy folder database yang ada pada Local Disk--->Program File--->Dapodikdas--->Database. Saya sendiri sering backup offline, karena saat instalasi ulang tidak perlu registrasi lagi.
    Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas 3.02
    Simpanlah database Dapodik secara berkala
  2. Langkah kedua, siapkan aplikasi Dapodikdas 3.02 yang bisa diunduh disini.
  3. Lakukan instalasi sampai proses berjalan dan selesai.
    Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas 3.02
    Proses instalasi
  4. Setelah instalasi sukses, langkah berikutnya adalah menempatkan kembali database yang sebelumya kita backup tadi. Perlu diketahui, setelah instalasi sukses, maka aplikasi ini terus berjalan dalam sistem komputer kita, sehingga perlu dimatikan dahulu.
  5. Untuk mematikan sistem yang berjalan, silahkan ketik services pada menu start.
    Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas 3.02
    Cara non aktfikan aplikasi
  6. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
    Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas 3.02
  7. Cari aplikasi DapodikdasDB dan DapodikdasWebServer. Klik kanan dan stop. Aplikasi sudah berhenti.
  8. Saatnya kita menempatkan database yang kita simpan sebelumnya pada Local Disk-->Program File-->Dapodikdas. Pada folder tersebut, ada folder Database yang harus kita hapus, lalu diganti folder database yang kita simpan sebelumnya.
  9. Langkah berikutnya, jalankan kembali aplikasi Dapodikdas 3.02 seperti langkah nomor 7, namun kita klik Start.
  10. Silahkan login lagi tanpa perlu registrasi ulang.
Jadi, jika laptop anda akan diinstal ulang atau ganti laptop, pekerjaan utamanya adalah menyelamatkan database, karena didalamnya berisi data-yang sudah kita olah.
Kemudian ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan data Dapodik, yaitu:
  1. Pastikan pada aplikasi Dapodikdas 3.02, pilihan dalam menerima dana BOS, jika diklik/ diiisi menolak , maka sekolah anda tidak akan menerima dana BOS. Sehingga, mohon dipastikan untuk di klik menerima.
  2. Untuk jumlah siswa yang dihitung, terambil dari data rombel yang telah diinput pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Jadi pastikan rombongan belajar yang ada data akurat.
  3. Dimohon untuk selalu memantau webisite dapo.dikdas.kemdikbud.go.id  pada progress pengiriman , mengenai kesesuaian data siswanya, karena dari situlah akan diambil data sebagai dasar penyaluran dana BOS 2015.

  4. Itulah informasi Cara Instal Ulang Aplikasi Dapodikdas 3.02. Semoga bermanfaat.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz