Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Pelaksanaan UN SD 2015 akan Diserahkan ke Dinas Pendidikan Setempat

Artikel terkait : Pelaksanaan UN SD 2015 akan Diserahkan ke Dinas Pendidikan Setempat

Informasi mengenai pelaksanaan UN ( Ujian Nasional ) SD 2015, Mendikbud Anies Baswedan menyatakan bahwa pelaksanaan UN SD 2015 diserahkan ke dinas pendidikan setempat, kapan pelaksanaanya. Kemudian untuk jenjang SMP dan SMA pelaksanaanya dilakukan tidak secara serempak seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk UN SMA, akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 April 2015, lalu untuk jenjang SMP dilaksanakan pada tanggal 4-6 Mei 2015.
Untuk jumlah peserta UN secara nasional, ada sekitar 7,3 juta peserta UN dengan anggaran masing-masing siswa adalah Rp 80.000,-. Sehingga alokasi untuk kegiatan UN secara nasional adalah Rp. 560 miliar.
Anies.B juga mengatakan bahwa UN tahun 2015 ini tidak lagi menjadi faktor penentu utama kelulusan siswa. Justru sebaliknya , hasil UN akan digunakan untuk alat pengembangan potensi masinng-masing siswa sehingga bisa menjadi bagian dari proses pembelajaran.
Kelulusan siswa akan sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah. Sekolah bisa menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah ( UAN) dan Ulangan Kelas (US). Jika siswa lulus, maka siswa tersebut akan menerima bukti klulusan berup sertifikat tamat belajar. 
pelaksanaan UN SD 2015
Pelaksanaan UN SD 2015 akan Diserahkan ke Dinas Pendidikan Setempat
UN 2016
Informasi lain, mulai tahun 2016, Ujian Nasional/UN juga tidak akan lagi serentak pelaksanaanya, melainkan dibuat dengan cara berkala selama 1 semester genap. Sehingga penentuan tanggal dalam pelaksanaan ujian juga  diserahkan kepada sekolah masing-masing.
Wacana lain, pelaksanaan UN 2016 untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK akan dilakukan dengan cara menggunakan komputerisasi sebagaimana yang telah dilakukan dalam seleksi CPNS 2014 lalu.
Untuk sistem ujian dengan menggunakan komputer, akan dikelan dengan istilah computer-based test.
Tujuan dari pelaksanaan UN secara computer-based test adalah agar hemat biaya serta menjamin pelaksanaan UN yang  jujur, bersih, dan fleksibel. Computer-based test juga bermanfaat untuk meningkatkan mutu, fleksibilitas, dan keandalan ujian nasional. Proses pengadaannya juga diharapkan lebih lancar.
Kembali ke pelaksanaan UN SD 2015, untuk kisi-kisi UN 2015 SD tampaknya belum dirilis oleh BNSP.
Namun jika ingin unduh kisi-kisi UN SD 2014, yang mungkin bisa digunakan untuk acuan dalam persiapan pelaksanaan UN SD 2015, bisa diunduh disini:
Permendikbud_Nomor 102 Tahun 2013 tentang US SD
POS Ujian Sekolah-Madrasah 2014
KISI-KISI US Sekolah Dasar-Madrasah 201
Demikian informasi mengenai  pelaksanaan UN SD 2015, untuk kisi-kisi UN 2015 SD.

Sumber: Kompas

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz