Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Tidak Ada Pacth Dapodik 3.02, Melainkan Instaler Dapodik 3.02, Sehingga Harus Instal Ulang Aplikasi Dapodik

Artikel terkait : Tidak Ada Pacth Dapodik 3.02, Melainkan Instaler Dapodik 3.02, Sehingga Harus Instal Ulang Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik 3.02 telah direlease pada tanggal 7 Januari 2014. Dan beberapa fitur yang ada pada versi ini disediakan untuk menunjang persiapan data menjelang Ujian Nasional. Pada versi ini, fitur yang tersedia adalah kembali dibukanya penguncian nama dan tanggal lahir bagi PTK dan PD sehingga bila ada kesalahan bisa segera diedit pada aplikasi. Kemudian, untuk menu penambahan siswa baru atau pindahan bisa langsung dipindahkan  ke tabel utama tanpa harus sinkron.
Pada aplikasi Dapodik 3.02 ini, tidak disediakan pacth 3.02, sehingga otomatis anda harus melakukan instalasi ulang aplikasi ini. Lalu bagaimana cara instal aplikasi Dapodik 3.02 ini?
  1. Langkah pertama, silahahkan unduh aplikasi dapodik 3.02 di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh atau klik link ini untuk unduhan langsung.
  2. Langkah kedua, kita harus membuang ( uninstall) aplikasi lama Dapodik 3.01 yang telah expired. Data anda tidak akan hilang selama anda rutin melakukan sinkronisasi. Caranya buka CONTROL PANEL==>UNISNTALL PROGRAM==>> DAPODIKDAS 3.01. Silahkan tunggu sampai proses unsintal selesai.
    aplikasi dapodik 3.02
  3. Kemudian buka installer apikasi dapodik 3.02, klik 2 kali dan tunggu proses instalasi selesai.
  4. Untuk mengunduh data ( database) silahkan unduh prefill terlebih dahulu di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php. Silahkan masukan kode registrasi sekolah anda, atau menggunakan NPSN sekolah.
    aplikasi dapodik 3.02
  5. Buka hasil unduhan, perhatikan file yang akan di copy paste. Pastikan tidak ada angka tambahan yang disebabkan pengunduhan berulangkali. Gunakan prefill yang tanpa angka tambahan dalam kurung { (1); (2);(3)}.
    aplikasi dapodik 3.02
  6. Lalu copy pastekan di folder  LOCAL DISC (C) ==> prefill dapodik
    aplikasi dapodik 3.02
  7. Kemudian buka aplikasi Dapodik 3.02 anda. Lakukan registrasi 
    aplikasi dapodik 3.02
  8. Sampai disini anda sudah berhasil dan aplikasi siap digunakan.
Jadi kita bisa tahu perbedaan antara pacth dapodik dan instaler dapodik. Kalau pacth, kita tinggal instal untuk menindih aplikasi yang telah ada. Sedangkan instaler, kita harus membongkar aplikasi lama ( unsintal) dan kemudian diinstal aplikasi Dapodik terbaru. Semoga artikel tentang aplikasi dapodik 3.02 ini bisa bermanfaat. Salam 1 data.


Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz