Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Ujian Nasional 2016, Jenjang SMP, SMA dan SMK Akan Menggunakan Computer-Based Test

Artikel terkait : Ujian Nasional 2016, Jenjang SMP, SMA dan SMK Akan Menggunakan Computer-Based Test

Ujian Nasional 2016, jenjang Ujian Nasional SMP, SMA dan SMK Akan Menggunakan Computer-Based Test. Demikian informasi yang bisa kami rangkum melalui halaman Info Kepegawaian. Kemdikbud tengah berusaha berencanakan pelaksanaan Ujian Nasional 2016 dengan menggunakan sistem komputerisasi, atau akan dikenal dengan istilah Computer-Based Test. Beberapa keuntungan atau kelebihan menggunakan sistem ini adalah hemat anggaran dan  terjamin akan tingkat kejujuanr, bersih, dan fleksibel dalam pelaksanaannya.
Ka Puspendidikan Kemdikbud, Nizam menjelaskan selain kelebihan diatas, ada lagi yaitu dimana hasilnya Ujian Nasional juga dapat terperinci serta  lebih cepat diterima oleh  murid, orangtua siswa , dan pihak sekolah.
Berkaitan dengan persiapan diberlakukannya ujian nasional menggunakan Computer-Based Test, maka pada tahun ini direncanakan  perintisan atau ujicoba UN(Ujian Nasional) dengan sasaran beberapa sekolah di setiap jenjangnya pada tiap  propinsi. Kemudian untuk tahun  berikutnya, Ujian Nasional dengan sistem komputerisasi akan diterapkan dengan cakupan yang lebih luas di 34 propinsi pada jenjang Dikdas( SMP MTs) dan Dikmen (SMA/MA, SMK), serta Paket B dan C. Untuk susunan materi ujian  sama  dengan tes berbasis kertas (paper-based test).
Sekretaris BNSP Bambang.S juga menambahkan, pada tahun ini sudah akan dimulai ujicoba ujian
Ujian Nasional 2016, Jenjang SMP, SMA dan SMK Akan Menggunakan Computer-Based Test
nasional dengan menggunakan sistem Computer-Based Test. Untuk kriteria sekolah dimana akan menggelar penyelenggaraan UN dengan sistem komputer tersebut akan dituangkan didalam Juknis (petunjuk teknis) dan pos ujian yang sedang dalam tahap penyempurnaan.
Dalam sebuah konferensi pers Ujian Nasional, Jumat (23/01/2015), Mendikbud Bpk. Anies Baswedan juga mengatakan, diharapkan pada tahun depan akan dibentuk  pusat ujian atau test.
Nantinya, jika  ada pusat tes, maka diharapkan untuk kedepanya tidak perlu lagi pelaksanaan Ujian Nasional yang dilakukan serempak dalam satu hari seIndonesia. Jika ujian ini bisa diselenggarakan dengan menggunakan Computer-Based Test, sekolah tinggal menentukan jadwal , lalu mengambil melaksanakan ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk masing-masing sekolah.
Mendikbud juga mengatakan bahwa selama ini  ujian masih digunakannya paper-based test, masih menggunakan kertas, sehingga ujian harus diselenggarakan dalam satu hari dikarenakan soal ujian sudah keluar. Namun, jika  menggunakan komputer, maka soal ujian tidak akan keluar sehingga bisa dilakukan ulang.
Demikian informasi mengenai  pelaksanaan Ujian Nasional 2016, dimana jenjang SMP, SMA dan SMK akan menggunakan Computer-Based Test.

Sumber: Kompas.com

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz