Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Verifikasi dan Validasi ( Verval) Proses Pembelajaran 2015 dialamat http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id

Artikel terkait : Verifikasi dan Validasi ( Verval) Proses Pembelajaran 2015 dialamat http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id

Verifikasi dan validasi atau Verval proses pembelajaran adalah agenda baru dari Kemdikbud yang akan menjadi tugas baru bagi para operator sekolah. Alamat url yang disediakan saat ini, silahkan akses alamat http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/vervalpp/beranda.php.

1. PENGERTIAN
Proses verval Proses Pembelajaran merupakan sebuah proses untuk memverifikasi dan memvalidasi data dalam proses pembelajaran yang berada pada tingkat entitas satuan pendidikan serta  mengacu pada Standar Pelayanan Minimal ( SPM)  dan Standar Nasional Pendidikan ( SNP)

2. TUJUAN
Sistem Verval Data Proses Pembelajaran' ini bertujuan untuk memverifikasi kesesuaian data dalam proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan berdasarkan kabupaten/kota dan sesuai dengan   standard (SNP dan SPM) yang telah ditentukan.
Output dari sistem  ini akan menghasilkan data dan informasi tentang gambaran proses pembelajaran di setiap Kabupaten/kota di Indonesia ,yang selanjutnya akan menjadi bahan bagi Pengelola Pendidikan di kabupaten/kota , Provinsi dan Pusat untuk menentukan langkah arah kebijakan pembinaan kepada Satuan Pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang merata dan tepat sasaran.

3. KONFIGURASI
Verval proses pembelajaran
  1. Klasifikasi Fungsi System: Verval PP ( Proses Pembelajaran) dalam klasifikasi sistem merupakan salah satu aplikasi yang masuk dalam kategori Tactical System atau Analytical System yang merupakan bagian dari DDS ( Decesion Support System).
  2. Koneksi Database: Verval PP dari arus pengelolaan Dapodik akan mengambil data ari Warehouse Kementerian, setelah melakukan tahapan proses verval entitas data dari Verval SP, Verval PD dan Verval PTK.
  3. Sumber data: Hasil pengumpulan Dapodik PAUDNI, Dapodikdas dan Dapodikmen.
  4. Update data: OPS ( Operator Sekolah)

4. PANDUAN
Untuk melakukan proses Verifikasi dan Validasi Proses Pembelajaran, silahkan login terlebih dahulu, username dan pasword sesuai dengan Login Verval PD. Jika berhasil maka lanjutkan dengan  klik menu Proses sehingga akan muncul tampil halaman seperti gambar dibawah ini:
Verval proses pembelajaran
  1. Tentukanlah  bentuk pendidikan, caranya  klik tombol combo Bentuk Pendidikan kemudian pilihlah salah satu pada pilihan yang tersedia.
  2. Tentukanlah wilayah sekolah yang terbagi menjadi 2  yaitu provinsi dan kabupaten/kota, klik tombol combo dan pilih provinsi dan kabupaten/kota.
  3. Tentukanlah  tahun data dengan pilih tahun data yang tersedia pada pilihan.
  4. Beri tanda centang dalam kolom eksekusi disesuaikan dengan formula yang akan dieksekusi.Tekan tombol Eksekusi formula untuk mulai proses, tunggu beberapa saat sampai munsul halaman seperti gambar dibawah ini:
    Verval proses pembelajaran
  5. Klik pada menu  nama formula untuk membuka hasil eksekusi formula. Penyajian hasil data akan disajiak dalam bentuk grafik pie dan data tabel.
Ada beberapa parameter yang perlu menjadi perhatian dalam Verval PP, sehingga satuan pendidikan bisa mengetahui standar pelayanan sesuai Standar Pelayana Minimal dan Standar Pendidikan Nasional.


Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz