Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Juli Penetapan Formasi CPNS 2015, Agustus Pelaksanaan Test CPNS, Guru dan Tenaga Medis Diutamakan

Artikel terkait : Juli Penetapan Formasi CPNS 2015, Agustus Pelaksanaan Test CPNS, Guru dan Tenaga Medis Diutamakan

Formasi CPNS 2015 - Dalam kaitannya dengan rencana rekrutmen CPNS tahun 2015 pemerintah menjadwalkan penetapan formasi CPNS yang dibutuhkan pada bulan Juli mendatang.  Formasi yang ditetapkan meliputi formasi CPNS maupun pemerintah kab/kota. Sedangkan pelaksanaan tes CPNS sendiri akan dilaksanakan sesuai agenda yang diinfokan sebelumnya, yaitu pada bulan Agustus 2015, baik seleksi CPNS dari pelamar umum maupun dari tenaga honorer K-2 yang belum lolos seleksi pada tahun 2013 yang lalu.
Berkaitan dengan pelaksanaan penetapan formasi, Setiawan Wangsaatmaja, Deputi SDM Kemenpan RB menyampaikan bahwa cepat lambatnya penetapan formasi sangat tergantung pada data-data yang diinput melalui sistem e-formasi. Semakin cepat data yang masuk, maka penetapan formasi akan semakin cepat juga, sebaliknya jika data yang masuk terlambat, maka penetapan formasi CPNS 2015 juga akan menjadi terlambat.
Penetapan formasi CPNS 2015
Beliau juga menyebutkan bahwa daerah yang akan mendapatkan formasi CPNS 2015 harus memenuhi beberapa ketentuan atau kriteria. Diantaranya adalah instasi tersebut sudah melengkapi data analisa jabatan dan beban kerja, perencanaan pegawai selama 5 tahun, dan belanja pegawai maksimal 40 persen.
Sedangkan formasi yang lebih diprioritaskan adalah  tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan jabatan fungsional tertentu seperti misalnya penyuluh, dan lainnya.
Setiawan juga menjelaskan, dengan adanaya moratorium CPNS selama 5 tahun kedepan maka syaratnya rekrutmen CPNS semakin diperketat. Untuk daerah yang pengeluaran untuk belanja pegawai di atas 40 % maka  kecil mungkinan untuk mendapatkan formasi.

Kemudian mengenai jumlah formasi CPNS 2015, masih dalam tahap penggodokan juga, namun diperkirakan jumlah  kuotanya kurang dari 100.000 orang.
Penting untuk dibaca: 

Syarat Honorer K2 Mengikuti Test CPNS 2015


Informasi beredar sebelumnya bahwa seleksi CPNS 2015 untuk honorer kategori 2 (K2) akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2015 atau diperkirakan sesudah perayaan  Hari Raya Idul Fitri. Tes  CPNS 2015  juga  akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Honorer k2 untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini adalah:
 Syarat yang harus dipenuhi antara lain:
  1. honorer K2  pernah ikut tes  namun gagal/tidak lulus, 
  2. masih bekerja terus menerus di instansi pemerintah, 
  3. sudah terdaftar dalam database BKN dan 
  4. telah memiliki nomor tes seleksi CPNS.

Selain keempat syarat tersebut, honorer K2 harus memenuhi ketentuan dalam Peraturan Pemerintah no 56 thn 2012. Antara lain:
  1. dibiayai bukan dari anggaran APBN atau APBD, 
  2. diangkat oleh pejabat berwenang
  3. bekerja dilingkungan instansi pemerintah, masa kerja sedikitnya satu tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai pada saat ini masih bekerja secara terus menerus.
  4. berusia minimal 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun per tanggal 1 Januari 2006.
Demikian informasi mengenai agenda Penetapan formasi CPNS 2015. Untuk unduh latihan soal CPNS 2015 silahkan unduh disini.

Sumber: JPNN disunting ulang oleh admin.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz