Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Cara Download Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMK 8.4.0

Artikel terkait : Cara Download Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMK 8.4.0


Dirjen Dikdasmen akhirnya merilis Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA/SMK 8.4.0. Buku panduan ini disusun dalam rangka memberikan pedoman serta memudahkan para Operator Sekolah Dapodik SMA-SMK dalam tugasnya menjalankan dan melengkapi data pada sistem Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0. 
Cara Download Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMK 8.4.0
Buku Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA/SMK 8.4.0 ini berisi seputar petunjuk dan pedoman mengenai cara-cara pengisian data, alur entri data, dan pedoman prosedur melakukan proses transaksional serta periodikal secara lengkap. 
Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0 ini juga menjabarkan secara lengkap mengenai tata cara pembentukan rombongan belajar dan pengisian data pembelajaran untuk Sekolah yang sekolah tersebut menggunakan Kurikulum KTSP 2006 maupun Kurikulum 2013 untuk jenjang SMA dan SMK. 
Dalam Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA/SMK 8.4.0 ini juga disertakan tutorial dalam melakukan proses verifikasi dan validasi identitas data pokok yang diselengaraakan oleh PDSPK, yaitu Verval Satuan Pendidikan (VervalSP), Verval Peserta Didik (VervalPD), serta verval Pendidik dan Tenaga Kependidikan (VervalPTK).
Beberapa link yang berkaitan dengan Dapodik SMA/SMK 8.4.0:
Cara Download Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMKt8.4.0 bisa dilakukan dengan klik tautan tersebut lalu download otomatis.
Penyempurnaan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 semata-mata bertujuan untuk mendukung proses peningkatan kualitas dan kelengkapan data Dapodik SMA-SMK. Secara khusus bertujuan untuk mendukung proses verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh PDSPK serta dalam rangka untuk mendukung kevalidan data untuk transaksional di lingkungan Kemendikbud. Pada aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 ini  telah dilakukan pengembangan dan pembenahan pada data referensi terkait implementasi kurikulum dan pembelajaran, maka didalam buku panduan yang baru ini  menjelaskan rambu-rambu pengisian datanya utamanya untuk mendukung kevalidan data disystem transaksional di Ditjen. GTK.

Aplikasi Dapodik SMA-SMK digunakan untuk mendata 4 (empat) entitas data  pokok  pendidikan, yaitu:  Data  Identitas  sekolah  dan  sarana,  Data  Pendidik  dan Tenaga Kependidikan (GTK), dan Data Peserta Didik (PD) Serta Substansi Pendidikan.  Data-data  pada  Aplikasi  Dapodik  SMA-SMK  bersifat  individual, maka ke empat  entitas data pokok  pendidikan tersebut harus diisikan dengan lengkap dan terperinci mencakup semua atributnya. Maka didalam Aplikasi 
Dapodik  SMA-SMK  disediakan  menu-menu  yang  mengakomodir  semua entitas  data  pokok  pendidikan  beserta  prosedur  transaksional  secara periodikal.
Aplikasi  Dapodik  SMA-SMK  merupakan  Penyatuan  Aplikasi  Pendataan  di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan  Dasar Dan Menengah dengan arah requirement  sistem  lebih  besar (penyatuan  database,  user  interface  dan sinkronisasi). Data prefill  adalah  hasil  generate/package dari data  di  server Dapodik yang merupakan data profil sekolah dan data hasil sinkronisasi dari versi-versi sebelumnya . Jika Sekolah sudah  mengisikan data pada aplikasi dan melakukan sinkronisasi ke server Dapodik SMA-SMK maka pada saat diunduh file  prefill  Sekolah  berisi semua  data  yang  telah  diisikan  dan  disinkronisasi sebelumnya dan seanjutnya dapat melakukan ubah/update data. 
Cara Download Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMK 8.4.0
Namun bagi Sekolah  baru  dan  belum  pernah  menjalankan  Aplikasi  Dapodik  SMA-SMK hanya maka sekolah tersebut akan  mendapatkan prefill yang memuat data identitas sekolah saja dan selanjutnya dapat melakukan input data dari awal di Aplikasi Dapodik SMA-SMK.
Untuk  setiap  sekolah disarankan  aplikasi  Dapodik  SMA-SMK  hanya diinstall pada satu komputer (server). Input data dapat dilakukan secara bersamaan dalam konfigurasi Client – Server. Kepala Sekolah diharapkan menerbitkan SK penugasan  kepada  GTK  menjadi  operator  di  sekolah  yang nantinya  SK tersebut  bisa  didaftarkan  ke  Pusat  Data  dan  Statistik  Pendidikan  dan Kebudayaan(PDSPK).  Dengan  SK  penugasan  tersebut  operator  dapat melakukan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan.
Sebelum Download Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMK 8.4.0, maka perlu diketahui spesifikasi komputer yang dibuttuhkan untuk menjlankan Dapodik SMA.

Spesifikasi Minimal Komputer (Hardware)

Untuk dapat menjalankan aplikasi Dapodik SMA-SMK, spesifikasi perangkat 
keras yang diperlukan adalah:
1.  Processor minimal Pentium Core Duo
2.  Memory minimal 512 MegaByte
3.  Storage tersisa minimal 250 MegaByte
4.  CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
5.  Layar Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768

Spesifikasi Minimal Software (Operating Sistem)

Untuk menjalankan aplikasi Dapodik SMA-SMK, spesifikasi perangkat lunak 
yang diperlukan adalah:
Operating Sistem
1.  Windows XP SP 3
2.  Windows Vista
3.  Windows 7 32 & 64 Bit
4.  Windows 8 32 & 64 Bit
5.  Windows 8.1 32 & 64 Bit
6.  Windows 10 32 & 64 Bit
Browser  : Google Chrome (Sangat Disarankan dan Bersih dari plugins-plugins)
dan Mozila Firefox versi terbaru. 
Demikian informasi mengenai Cara Download Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMK 8.4.0. Semoga bermanfaat.

 

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz