Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Pelatihan Kurikulum 2013 Pascarevisi Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif

Artikel terkait : Pelatihan Kurikulum 2013 Pascarevisi Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif


Revisi terhadap Kurikulum 2013 telah selesai dilakukan. Kemdikbud pun telah memulai pelatihan untuk Instruktur Nasional Kurikulum 2013 pasca revisi dengan metode yang beda jika dibanding pelatihan-pelatihan sebelumnya. Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 ini didesain secara interaktif dan partisipatif oleh Narasumber Nasional dan tim fasilitator. Selama pelatihan, para Instruktur Nasional  ini dirangsang untuk mengelaborasi seluruh pemikiran dan kemampuan yang dimilikinya dalam bentuk diskusi kelas.

Pelatihan Kurikulum 2013

mendikbud Anies Baswedan  mengatakan bahwa Kemdikbud mengharapkan Instruktur Nasional adalah orang-orang yang mencerminkan kurikulumnya. Guru harus berubah peran sebagai fasilitator, yaitu fasilitator pembelajaran, sehingga anak-anak juga belajar aktif.
Pelatihan Kurikulum 2013

Mendikbud menjelaskan, dari 666 peserta pelatihan Instruktur Nasional tersebut ada 598 orang yang dinyatakan lolos seleksi sebagai Instruktur Nasional. Pelatihan Instruktur Nasional ini menggunakan metode diskusi dan pembelajaran aktif. Para peserta diberi pembekalan mengenai materi Kurikulum 2013, kebijakan umum Kemendikbud,dan metode pembelajaran yang aktif. 
Sebagian besar dari Instruktur Nasional adalah berasal dari unsur guru. Mendikbud mengharapkan pelatihan ini bisa mendorong guru memiliki sifat pembelajar, yaitu memiliki motivasi untuk terus belajar, juga mempunyai pikiran yang terbuka, serta mampu mengikuti perkembangan zaman.

Anies juga menyampaikan bahwa setelah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013, maka guru diharapkan dapat berubah peran sebagai fasilitator pembelajaran yang membuat siswa menyenangi kegiatan belajar-mengajar. Jangan sampai nantinya kurikulumnya baru, tapi gaya mengajarnya lama.

Mendikbud  berharap agar para Instruktur Nasional yang telah mendapat pelatihan di Pusdiklat Kemendikbud ini dapat menularkan metode dan motivasi selama pelatihan kepada rekan-rekan  di daerah. Para Instruktur Nasional juga harus mampu berimprovisasi, karena kondisi yang berbeda di tiap daerah.

Sumber: Kemdikbud

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz