Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Persiapan Instal Dapodik 5.00/ G5 Versi Baru 2016/2017

Artikel terkait : Persiapan Instal Dapodik 5.00/ G5 Versi Baru 2016/2017

Dapodik -  Aplikasi Dapodikdas 5.00 atau yang belakangan ini popler dengan istilah G5 ( generasi ke 5) akan segera dirilis. Versi ini juga untuk pembaharuan data pada tahun jaran baru yaitu 2016/2017. Sebelum menginstal aplikasi Dapodik, ada baiknya mempersiapkan hal-hal sesuai anjuran dari pengelola Dapodik Kemdikbud.
Berikut tampilan Dapodik 2016 versi 5.0.0.
Dapodik 5.0.0
Tampilan Dapodikdas 5.0.0/ G5
Memasuki Tahun Pelajaran  2016/2017 ini Aplikasi Dapodik juga memasuki era baru, dimana akan segera dirilis Aplikasi Dapodik 5.0.0 tahun 2016. Perlu diketahui, Aplikasi Dapodik 2016 adalah merupakan pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik 2016 ini nanti bisa digunakan untuk semua sekolah jenjang baik SD, SMP, SLB, SMA maupaun SMK.

Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 ini juga mengalami pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan ( lihat atas), pengembangan pada menu prosedur Registrasi maupun penambahan pada fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.
Dapodik 5.00

Guna mendukung sukses dan lancarnya sekolah dalam melakukan proses pemutakhiran data menggunakan Aplikasi Dapodik 2016 ini, maka sangat perlu dilakukan beberapa langkah persiapan dan pemahaman supaya  proses update versi aplikasi maupun proses pemutakhiran data bisa berjalan lancar. Berikut adalah beberapa langkah persiapan yang perlu dilakukan oleh pihak sekolah:

       1. Persiapan pada Komputer server

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa pendataan Dapodik telah diintegrasikan dengan berbagai sistem lain untuk melayani kebutuhan data transaksional pada Kemendikbud, maka aplikasi Dapodik harus selaludi update dan upgrade dari sisi fitur dan teknologi untuk memenuhi berbagai tuntutan tersebut.

Maka,  dari sisi teknis kompleksitas Aplikasi Dapodik terus mengalami peningkatan, dimana hal ini alhirnya menuntut spesifikasi teknis  komputer yang cukup baik supaya Aplikasi Dapodik bisa berjalan dengan optimal. Berikut adalah spesifikasi teknis komputer yang disarankan:
     A. Spesifikasi hardware/ perangkat keras yang diperlukan adalah:
  • Processor min Pentium Core Duo
  • Memory min 2 GigaByte
  • Storage tersisa min  400 MegaByte
  • CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
     B. Spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah:
  • Windows 7 32 & 64 Bit
  • Windows 8 32 & 64 Bit
  • Windows 8.1 32 & 64 Bit
  • Windows 10 32 & 64 Bit
  • Layar Monitor dengan resolusi min 1024 x 768
     C. Terpasang web Browser versi baru:
  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Opera
  • Comodo
  • UC Browser
     2. Persiapan SDM, Kode Registrasi dan Akun Aplikasi Dapodik
Peran Operator Dapodik terlihat sangat penting sebagai pelaku utama operasional Aplikasi Dapodik. Bagi sekolah yang pada tahun ajaran baru ini juga memiliki atau menunjuk Operator Dapodik yang baru maka pihak Kepala Sekolah diharapkan segera menerbitkan SK penugasan Operator Sekolah. SK tersebut supaya segera didaftarkan ke PDSPK melalui laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Dengan SK penugasan tersebut maka operator bisa  melakukan verifikasi dan validasi data pokok pendidikan.
Pada Aplikasi Dapodik 2016 databasenya telah dilakukan upgrade versi untuk mengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka pada Aplikasi Dapodik 2016 nainti, sekolah yang sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB  4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK 8.4.0 harus melakukan install ulang dengan menggunakan Installer Dapodik 2016 dan harus melakukan registrasi ulang kembali.

Terdapat pengembangan pada methodology registrasi pada Aplikasi Dapodik 2016, yaitu bisa dilakukan secara online maupu offline. Secara umum, Off Line dilakukan dengan melakuakn download prefill sedangkan methode OnLine registrasi dilakukan secara online tanpa perlu download prefill sebelumnya.
Untuk keperluan registrasi maka Operator Dapodik harus menyiapkan:

A. Kode Registrasi
Siapkan Kode Registrasi aktif masing-masing sekolah, kode registrasi diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi online. Untuk SMA dan SMK kode registrasi dapat dilihat pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
Sedangkan untuk SD, SMP dan SLB dapat meminta/menanyakan ke KK datadik di Dinas Pendidikan Kab /Kota setempat.

B. Akun Aplikasi Dapodik
Siapkan akun aplikasi Dapodik ( user dan password ) yang telah diregistrasikan pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik SD/SMP/SLB 4.1.1 dan Dapodik SMA/SMK 8.4.0) dan telah terdaftarpada  server Dapodik Pusat. 
Akun berupa user dan password ini akan diperlukan untuk melakukan download prefill atau registrasi online. Bagi operator baru (SD/SMP/SLB/SMA/SMK) dapat meminta user dan password Aplikasi Dapodik dari operator lama atau meminta dibuatkan akun baru melalui:
-  KKdatadik Dinas Pendidikan Kab/Kota
- Tim Support Dapodikdasmen Pusat

       3. Persiapan Data
Di tahun pelajaran 2016/2017 tentunya banyak sekali data pada Aplikasi Dapodik yang harus di lakukan  pemutakhiran dan data baru yang harus dinput. Untuk membantu Operator Dapodik dalam pengumpulan data awal dan validasi data terhadap pemilik data ( peserta didik, GTK, sarpras, dll) maka telah disiapkan formulir pendataan.
Formulir pendataan yang telah diisi dan divalidasi oleh pemilik data akan menjadi dasar bagi Operator Dapodik dalam entridata dan pemutakhiran data pada Aplikasi Dapodik.
Pada Aplikasi Dapodik 2016 juga ada penambahan validasi data Kartu Indonesia Pintar (KIP), oleh karena itu, sekolah dapat mulai mendata siswanya yang telah menerima KIP. Validasi data akan meliputi Nomor KIP dan Nama yang tertera di KIP.

      4. Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016
Dalam rangka memberi penjelasan dan pemahaman tentang pengembangan Aplikasi Dapodik 2016, telah disiapkan Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2016. Panduan ini berisi penjelasan singkat mengenai perkembangan dan perubahan pada Aplikasi Dapodik 2016, sekaligus sebagai panduan untuk melakukan upgrade dari aplikasi Dapodik lama menjadi Aplikasi Dapodik 2016.
Beberapa langkah persiapan menyambut Dapodik 5.00, utamanya adalah kebutuhan data siswa baru tahun pelajaran 2016/2017, dan persiapan perbaikan data sarana dan prasarana yang sesuai dengan kondisi riil lapangan. 
Untuk itu, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siswa lulusan tahun jaran 2015/ 2016, harus segera diluluskan pada saat nanti aplikasi terbaru dirilis.
  2. Update Dapodik Generasi 5.00 akan segera diluncurkan pada pertengahan Juli 2016 saat masuk sekolah
  3. IJAZAH SISWA LULUSAN TA 2015/ 2016 harus discan untuk  arsip sekolah
  4. SKHUN SISWA LULUSAN TA 2015/ 2016 harus di scan untuk arsip sekolah
  5. Sekolah wajib mempunyai arsip berupa digital ijazah + SKHUN siswa lulusan 2015 dan seterusnya.
  6. Segara sinkron Dapodik sebelum 30 Juni 2016 ( sudah dilakukan) , lihat keaktifan PTK, dan perbaikannya, karena Dapodik versi terbaru (G5) akan menggunakan prefill update dan terbaru.


Dapodik 5.0.0 G5 akan menjadi acuan dalam penyaluran:

  1. BOS ( Dana Operasional Sekolah) 
  2. Aneka Tunjangan
  3. Bantuan Siswa Miskin (BSM), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan kebijakan lainnya
  4. Data Sarpras (Rehab dan RKB)
  5. Khusus poin 4 saat  sedang dilakukan verifikasi dan Validasi tingkat kerusakan sarpras di sekolah berbasis pada Data Dapodik. Tim Verifikasi akan datang ke sekolah untuk membuktikan antara data pada Dapodik dengan realita, apakah sesuai atau tidak? Hasil verifikasi  dijadikan bahan pertimbangan pemberian bantuan Rehabilitasi & RKB dari Pemerintah Pusat.
Demikian informasi mengenai persiapan Dapodik 2016 versi 5.0.0. Semoga bermanfaat.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz