Download Buku Petunjuk Pendaftaran Calon Peserta UN 2016 Berbasis Dapodik

Peserta UN 2016 - Berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional 2016 yang saat ini mulai masuk dalam tahap pendataan, maka Kemdikbud mengeluarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Calon Peserta UN 2016 berbasis Dapodik.
Jadi, Pendaftaran Calon Peserta  UN 2016 nantinya akan menggunakan basis data Peserta Didik yang terdaftar pada  Aplikasi Dapodik. Sekolah yang wajib melaksanakan prosedur pendaftaran calon peserta UN 2016 melalui Aplikasi Dapodik adalah merupakan sekolah yang berada dibawah naungan KEMENDIKBUD. Satuan pendidikan yang termasuk dibawah naungan Kemdikbud yaitu sekolah dengan bentuk pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK
Sekolah diharapkan untuk segera memeriksa kelengkapan kemutakhiran data para peserta didik calon peserta UN pada Aplikasi Dapodik seperti pada identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik. Kemudia, data verifikasi data peserta didik yang menjadi Calon Peserta UN bisa dilakukan dengan melalui website Manajemen UN.
peserta un 2016
Selanjutnya, data hasil verifikasi calon peserta UN (Daftar Calon Peserta, DCP) pada website manajemen diserahkann dari sekolah kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kab/Kota. Panitia UN di Kab/Kota akan memproses DCP yang diberikan oleh sekolah untuk diproses menjadi data Peserta Ujian Nasional oleh Panitia UN Pusat.
Sementara itu, untuk sekolah dengan bentuk pendidikan SDLB, SMPLB, SMLB, dan SLB tidak menggunakan prosedur seperti di atas namun memiliki prosedur sendiri yang tentunya  sesuai arahan panitia UN. 

Lalu Apa yang Harus Dilakukan Pihak Sekolah dalam Proses Pendataan Calon Peserta UN 2016?

Pihak sekolah, dimohon untuk memperhatikan hal-hal berikut dalam kaitannya dengan proses pendataan peserta UN 2016:
  1. Mengirim data ke Server Dapodik melalui sinkornisasi.
  2. Melakukan olah data NISN di Verval PD terutama bagi peserta didik tingkat akhir ( kelas 6, 9 dan 12)
  3. Melakukan verifikasi terhadap kelengkapan data indivi peserta didik calon peserta UN
  4. Mengunduh Daftar Calon Peserta ( DPC) dan Berita Acara dari webiste Manajemen UN
  5. Penyerahan daftar Calon Peserta kepada Panitia UN di tingkat Dinas Pendidikan Kab/Kota
  6. Penandatanganan berita acara penyerahan Daftar Calon Penserta 9 DCP) UN 2016 

Dan berikut ini beberapa hal penting terkait dengan proses pendataan Peserta UN 2016
  1. Jika ada perubahan atau perbaikan, data harap segera diperbaiki dengan melalui sinkronisasi pada aplikasi Dapodik.  Perubahan ini otomatis mengubah data pada manajemen UN secara realtime.
  2. Pastikan NISN siswa valid dengan melalui aplikasi vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  3. Jika sekolah anda memiliki kendala dalam mengunduh data, dapat meminta bantuan KK DATADIK.
  4. Periksa data peserta didik yang kebutuhan khusus, karena peserta didik dengan kebutuhan khusus akan mendapatkan soal sesuai dengan kebutuhan khususnya.
  5. Proses pengisian Dapodik untuk proses pendaftaran calon peserta UN berakhir pada 31 Desember 2015.
Nah, untuk acuan atau panduan dalam proses pendaftaran Calon Peserta UN 2016 dengan berbasis Dapdik, maka silahkan Download Buku Petunjuk Pendaftaran Calon Peserta UN 2016 Berbasis Dapodik .
Semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Download Buku Petunjuk Pendaftaran Calon Peserta UN 2016 Berbasis Dapodik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.