Logo,Tema dan Amanat Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016

Peringatan Hari Pahlawan adalah merupakan agenda nasional yang selalu diperingati setiap tahunnya, baik di dalam negeri ataupun luar negeri.  Peringatan Hari Pahlawan yang selalu diperingati setiap tanggal 10 November ini pada  hakekatnya  adalah merupakan  salah  satu  bentuk  penghargaan terhadap  jasa  dan  perjuangan  para pahlawan  dan pejuang  yang  telah  mengabdikan  hidupnya demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
Apa yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan dan pejuang untuk membela dan mempertahankan NKRI kiranya bisa menggugah bangsa  Indonesia  untuk  selalu bersatu padu dalam menyatukan  langkah membangun  negara sebagaimana  yang  dicita-citakan  para  pendahulu negeri hingga kita bisa berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia dan tidak  dipandang sebelah mata.
Sehubungan dengan hal itu, maka sangatlah tepat jika tema Hari Pahlawan tahun  2016 demikian:
Satukan  Langkah  Untuk  Negeri
Hal  ini  setidaknya  mengingatkan  kepada  kita  semua untuk selalu bersatu  padu  menyatukan langkah membangun negeri dan lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan  negara diatas kepentingan  pribadi  maupun  golongan  yang  akhir-akhir  ini tampaknya sering terjadi bahkan sampai menimbulkan konflik.
Melalui  peringatan  Hari  Pahlawan  2016  ini  diharapkan  dapat  menggerakkan  segenap elemen bangsa untuk dapat berpartisipasi membangun negeri sesuai  dengan kemampuan dan profesi masing-masing.
Berikut ini logo peringatan Hari Pahlawan 2016
logo hari pahlawan 2016
Selain logo terserbut, berikut ini beberapa file yang bisa diuunduh terkait peringatan hari Pahlawan 2016:

  1. SE Mensesneg  tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016[unduh
  2. Amanat Mensos pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 [unduh]
  3. Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 [unduh]

Berikut sekilas latar belakang Peringatan Hari Pahlawan 2016
Pertempuran 10 November 1945
Pertempuran  Surabaya  10  November  1945  adalah  pertempuran  besar  antara  pihak  tentara Indonesia  dan  pasukan  Inggris. 
Pertempuran  ini  adalah  perang  pertama  pasukan  Indonesia  dengan  pasukan  asing  setelah Proklamasi  Kemerdekaan  Indonesia  dan  satu pertempuran  terbesar  dan  terberat  dalam  sejarah Revolusi  Nasional  Indonesia  yang  menjadi  simbol  nasional  atas  perlawanan  Indonesia 
terhadap kolonialisme.
Pada  tanggal  9  November  1945,  Inggris  mengeluarkan  ultimatum  yang  berisi  ancaman  akan   menggempur  kota  Surabaya  dari  darat,  laut, dan  udara  apabila  orang-orang  Indonesia  Surabaya tidak  mentaati perintah Inggris. Mereka juga mengeluarkan instruksi yang isinya bahwa semua pimpinan  bangsa  Indonesia  dan  para  pemuda  di  Surabaya  harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan. 
Namun  ultimatum  itu  tidak  ditaati  oleh  rakyat  Surabaya.  Sehingga terjadilah  pertempuran Surabaya  yang  sangat  dahsyat  pada  tanggal  10 November 1945, selama kurang lebih satu bulan lamanya.Medan  perang  Surabaya  kemudian  mendapat  julukan  “neraka” karena  kerugian yang disebabkan  tidaklah  sedikit,  sekitar  1600  orang prajurit Inggris tewas serta puluhan alat perang rusak dan hancur. 
Banyaknya  pejuang  yang  gugur  dan  rakyat  yang  menjadi  korban ketika  itu  serta  semangat membara  yang  membuat  Inggris  serasa terpanggang di neraka telah membuat kota Surabaya kemudian dikenang sebagai  Kota  Pahlawan  dan  tanggal  10 November  diperingati  setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan.

Demikian artikel mengenai Logo, Tema dan Amanat Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Logo,Tema dan Amanat Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2016"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.